Minggu, 01 Mei 2016

Cara Menuju Ke Tebing Keraton (Dago, Bandung) via Waroeng Le Cordon (2X Lebih Cepat)

Cara Menuju Tebing Keraton
(Jalur Alternatif 2x Lebih Cepat)

Berikut ini kami coba berikan petunjuk jalan setahap demi setahap cara menuju TEBING KERATON yang berada di DAGO ATAS BANDUNG.

Petunjuk ke Tebing Keraton dari McDonalds Simpang Dago adalah sebagai berikut:

1. Dari McD Simpang Dago lurus terus ke arah Sheraton sampai melewati Dago Tea House dan Terminal Dago.

2. Tidak jauh dari Terminal Dago, ada jalan bercabang. Yang ke kiri menuju Dago Giri, yang ke kanan ke arah Bukit Dago Pakar. AMBIL YANG KANAN.

3. Dari sana beberapa ratus meter ada cabang lagi. Yang kiri ke Dago Bengkok, dan yang kanan masih ke arah Bukit Dago Pakar. AMBIL YANG KANAN.

4. Beberapa ratus meter dari sana, dekat Indomaret di sisi kiri jalan, ada belokan ke kiri ke arah Tahura (Taman Hutan Raya) Ir. H. Juanda. BELOK KIRI. Kalau lurus terus nanti bablas ke daerah cafe-cafe seperti belokan ke Sierra, dan Stone Cafe.

5. Jalanan menanjak beberapa ratus meter, di sebelah kiri ada gerbang masuk dan tempat parkir luas untuk Tahura, MASIH LURUS TERUS.

6. Tidak jauh dari sana ada jalan bercabang di dekat warung. Jalanan ke kanan ada tulisan Bukit Pakar Utara. BELOK KANAN.

7. Dari sini jalanan makin menanjak. Dulu kondisi jalanannya rusak sekali. Aspalnya sudah banyak yang habis sehingga permukaannya berbatu-batu. Namun sekarang sejak November 2015 sebagian besar jalanannya sudah aspal/beton. Hanya ada sebagian yang masih rusah parah dan berlubang besar. Dari sini jalanan akan melewati hutan di sisi kiri.

8. Terus sampai ada tulisan ‘Warban’ alias Warung Bandrek. Di sini tempat para cyclist berkumpul sambil minum bandrek. Tidak jauh dari Warban, ada cabang dua, dengan Pangkalan Ojek di sebelah kiri.

9. Dari sini Anda memiliki 2 pilihan:

(i) PARKIR MOBIL DI WARBAN lalu BERJALAN KAKI 2KM ATAU menggunakan jasa ojeg dengan harga "nego" antar pengunjung dengan supir ojeg yang berkisar antara Rp 50.000 - 100.000 per orang ATAU

(ii) Menolak karcis parkir (katakan saja hanya numpang lewat jika ditawari karcis) dan ke kanan/terus selama 3 menit dengan mobil sampai bertemu pagar putih dengan tulisan VILLA KAYU dan WAROENG LE CORDON. Di sini Anda bisa membelokkan mobil Anda dan PARKIR GRATIS. Dari tempat ini Anda sudah memotong perjalanan selama hampir 2X LIPAT LEBIH CEPAT KE TEBING KERATON (15-20 menit jalan santai).

10. Dari WAROENG LE CORDON, TERUS JALAN NAIK, di kanan mulai tampak pemandangan bukit-bukit hijau serta rumah-rumah di lereng bukit. Tak berapa lama kemudian akan tampak pemukiman warga. Jalanan akan terlihat berbelok ke kanan, ikuti jalan terus sampai habis pemukiman warga.

11. Tidak jauh dari sana ada belokan ke kiri yang agak curam. BELOK KIRI. Di belokan itu ada papan penunjuk sementara.

Dari pintu masuk sudah ada jalur yang sangat nyaman dan aman berupa paving block sampai ke viewing point. Selamat Datang di Tebing Keraton!